Program

Beragam program perdamaian, sosial, dan P/CVE dengan pendekatan psikologi sosial 

Semua Program

Program Berjalan

Riset Penelitian Analisis Modul pada Sektor Deradikalisasi_PeaceGen

Oktober 2023

Desember 2023
Division for Applied Social Psychology Research (DASPR) sebagai Periset Penelitian Analisis Modul pada Sektor Deradikalisasi.

Program Berjalan

Survey Analisis Kebutuhan Pendirian SMA Swasta diJakarta Timur

Oktober 2023

November 2023
Kerjasama antara Yayasan Pendidikan Putra dengan Division for Applied Social Psychology Research merupakan upaya kolaboratif untuk mengumpulkan data survei dengan menggunakan pendekatan yang cermat dan terperinci tentang persepsi masyarakat di Wilayah Jakarta Timur.

Program Berjalan

Support Group Forum for wives and families of returned foreign fighters and former terrorist inmates.

2 Juni 2023

31 Desember 2024
WGWC bersama dengan AMAN Indonesia menggandeng DASPR dalam proyek Reinforcing Mainstreaming Gender and Social Movement Building on Preventing /Countering Violent Extremism, untuk kelanjutan dukungan istri-istri mantan napiter dalam reintegrasi dan pelepasan melalui resiliensi keluarga dengan membangun support group FOSPETA (Forum Support Perempuan Tangguh).

Program Selesai

Peningkatan Kapasitas Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Mengelola Program Rehabilitasi Dan Reintegrasi

Oktober 2022

Mei 2023
Pada tahun 2021, atas dukungan Harmoni, DASPR bekerja sama dengan IPKEMINDO Jakarta merancang “Buku Panduan Pembimbing Kemasyarakatan dalam Menangani Narapidana Terorisme Perempuan dan Anak" ...

Program Selesai

Asesmen Moderasi Indonesia

2022

2023
Asesmen Moderasi Indonesia (AMI) merupakan pengukuran moderasi yang menyangkut seberapa rendah hingga tingginya kecenderungan seseorang dalam hal bertoleransi,

Program Selesai

Family resilience program: deradicalization through women’s empowerment in the family (SEAN-CSO)

Juli 2022

Desember 2022
DASPR bekerjasama dengan lembaga SEAN-CSO (South East Asian Network of Civil Society Organizations) yang didukung oleh Deakin University, Australia tengah membuat program resiliensi keluarga untuk keluarga napiter/ex-napiter di wilayah Jabodetabek.

Program Selesai

Integrasi Pencegahan dan Kontra Ekstremisme Kekerasan dalam Buku Panduan dan Manual untuk Ikatan Pembimbing Kemasyarakatan Indonesia (IPKEMINDO)

Oktober 2020

Januari 2022
Pembimbing Kemasyarakatan memiliki peranan sentral karena mereka yang bertanggung jawab untuk menjalankan tugas Penelitian Kemasyarakatan (Litmas), pendampingan, pembimbingan, ...

Program Selesai

Pembuatan Buku Panduan Intervensi Krisis di Lembaga Pemasyarakatan

2021

2021
Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petugas kemasyarakatan dalam memberikan dukungan psikososial ...

Program Selesai

Penguatan Kapasitas Lembaga Lokal terkait Proses Deteksi Dini dan Penanggulangan Kekerasan Ekstremisme dan Terorisme

2021

2021
Bekerja sama dengan Lembaga Nonviolent Peaceforce dari Filipina, DASPR berusaha untuk mendukung para pemangku kepentingan di Sulu ...

Program Selesai

PROGRAM RESILIENSI KELUARGA “IBU TANGGUH, KELUARGA UTUH” 2021

2021

2021
Blabjsahjdhas hasdhasjdh asdjashdja asdjashdhasjkdh addashjdhajdh ajdhjashjdhajdhjas hadhjahsdj

Program Selesai

Baseline Studi Terhadap Kelompok Pengungsi di DKI Jakarta dan Banten (Kolaborasi Dengan Daya Insani dan IOM

2019

2019
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan mental para pengungsi dan pencari suaka dengan kerentanan selama proses migrasi yang aman, manusiawi dan tertib, selama transit di Indonesia ...

Program Selesai

Family Resilience Program (2019)

Januari 2019

November 2019
Laporan akademis terdahulu menunjukkan peningkatan keterlibatan peran yang dimainkan oleh keluarga dalam upaya melakukan aksi terorisme, sebagai bentuk dukungan pada aksi kekerasan yang dilakukan oleh teroris dan mempersuasi paham radikal kepada keluarga dan komunitas mereka. Kondisi ini menciptakan lingkaran, terjadinya radikalisme dan kekerasan karena dikonstruksikan dari waktu ke waktu.

Program Selesai

Training on Women and P/CVE for WGWC’s Partners

2018

2018
Kesetaraan gender merupakan tujuan dan faktor penting untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Tujuan ini ditekankan pada salah satu pedoman prinsip dari 2030 Agenda for Development, sebuah konsep terkait

Program Selesai

Family Visits
 

2017

2018
Kegiatan family visits merupakan kegiatan selain In Prison Re-education Program yang memiliki tujuan yang relatif serupa, yaitu membangun dialog dan pemahaman, tetapi lebih diarahkan kepada istri narapidana terorisme. Pendekatan yang dilakukan adalah wawancara dalam beberapa tahapan menggunakan psikologi fenomenologis dan berfokus pada pengalaman subjektif mereka. Aktivitas ini didasari oleh pertimbangan bahwa penelitian terkait terorisme umumnya lebih fokus secara langsung terhadap keterlibatan kelompok teroris, yang mana adalah laki-laki, dan kurang memperhatikan keluarga mereka.

Program Selesai

Program Pemberdayaan di Dalam Lapas dan di Luar Lapas (In-Prison Reeducation Program Phase III) 2017

November 2017

Juni 2018
Merupakan program yang menyasar 22 narapidana kasus terorisme (selanjutnya disebut napiter) di 5 lapas di Pulau Jawa dan Sulawesi. Melalui dialog dengan napiter, program pemberdayaan ini bertujuan menyangkal ideologi Takfiri, mengajak peserta untuk meninggalkan kekerasan, berkomitmen untuk resolusi konflik secara damai, dan menyebarluaskan Islam tanpa kekerasan. Para peserta bersifat undangan sukarela dan kegiatan disajikan dalam bentuk dialog informal.

Program Selesai

Conflict Management Training (CMT) dan Life Management Training (LMT) _ Search for Common Ground 2018

Januari 2018

Februari 2018
Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, (DitjenPAS) bekerjasama dengan DASPR Daya Makara UI dan Search for Common Ground (SFCG) bekerjasama untuk menyelenggarakan Conflict Management Training (CMT) dan Life Management Training (LMT). Pelatihan diselenggarakan di Lapas Kedungpane Semarang dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Solo.